Senin, 20 Desember 2010

Nama : Dio Agasta Kelas : X-1 No. Absent : 11

"JALAN-JALAN KE RIAU"

>>Pokok-pokok Berita :
Bahan pembuatan youghrut kerbau yaitu:
>Susu kerbau yang telah di fermentasi
>Parutan kelapa
>Gula aren
>Cara pembuatannya yaitu gula aren di campur dengan parutan kelapa dan yang terakhir masukkan susu kerbau yang sudah di fermentasi.
>Cara membuat susu kerbau fermentasi yaitu di saring, di tuangkan pada bilah-bilah bambu, setelah itu di tutup dengan daun pisang selama satu hari. Susu kerbau mengandung protein dan kolesterol.

>Bahan dari lilin semanis madu, Cara pembuatannya yaitu sarang lebah yang di peras, setelah itu masukan ruas-ruas lebah. Bakar hingga melumer/mencair dan tuangkan cairan madu tersebut ke dalam cetakan dan tunggu sampai mengeras.

>Bahan rempeyek kepiting:
-kepiting
-Garam
-Tepung beras
- Bumbu:
- Bawang merah
-Bawang putih
-Jahe, kunyit, lengkuas

Cara pembuatan :
Siram kepiting dengan asam cuka, campurkan bahan dan bumbu jadi satu, celup kepiting ke dalam bahan dan bumbu, Setelah itu goreng dengan minyak panas.
Disalah satu pasar di kota Riau banyak menjual berbagai makanan khas Riau pada saat bulan ramadhan, salah satunya adalah bakwan sanghai. Bakwan sanghai yaitu makanan yang berbahan dari tepung dan sayuran seperti wortel dan kentang.

SARAN:
Sebaiknya makanan atau kerajinan khas Riau harus di pertahankan dan di lindungi oleh warganya, agar makanan tersebut tidak di tiru oleh daerah lain. Dan mengutamakan keaslian dan kemurnian dari makanan tersebut.

RINGKASAN:
Di kota Riau ternyata menyimoan dan mempunyai makanan yang khas, sekaligus di Riau juga memiliki kerajinan yang tidak kalah bagusnya dengan daerah lain, seperti makanan-makanan yang di Riau :Susu kerbau/yoghurt, rempeyek kepiting, bakwan sanghai. Selain itu , salah satu kerajinan di Riau adalah lilin yang bahanya dari madu dan sarang lebah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar